Permudahlah Dalam Menikah

Posted by newydsui Thursday, May 6, 2010
Permudahlah Dalam Menikah

Oleh : Ummu Hanan Dzakiya

Sebuah toko yang menjual suami baru saja dibuka di kota New York di mana wanita dapat memilih suami sesuai selera dan keinginannya. Di pintu masuk terdapat instruksi yang menunjukkan bagaimana aturan main untuk masuk toko tersebut:

“Hanya untuk satu kali kunjungan”

Toko tersebut terdiri dari 6 lantai dimana setiap lantai akan tertera ciri dan karakter suami yang ditawarkan. Semakin tinggi lantainya, semakin tinggi pula nilai lelaki tersebut. Pengunjung bisa memilih lelaki di lantai tertentu atau lebih memilih ke lantai berikutnya tetapi dengan syarat tidak bisa turun ke lantai sebelumnya, kecuali untuk keluar dari toko.
Seorang wanita pun pergi ke “toko suami” tersebut untuk mencari suami. Ia mulai mencoba mencari dari lantai satu yang tiap lantai terdapat tulisan:

Lantai 1 : Lelaki di lantai ini memiliki pekerjaan dan taat pada Tuhan.
Wanita itu tersenyum, kemudian dia naik ke lantai selanjutnya.

Lantai 2 : Lelaki di lantai ini memiliki pekerjaan, taat pada Tuhan, dan senang anak kecil. Kembali wanita itu naik ke lantai selanjutnya.

Lantai 3 : Lelaki di lantai ini memiliki pekerjaan, taat pada Tuhan, senang anak kecil, dan cakep banget.
” Wow”, tetapi pikirannya masih penasaran, dan terus naik. Sampailah wanita itu di lantai 4.

Lantai 4 : Lelaki di lantai ini memiliki pekerjaan, taat pada Tuhan, senang anak kecil, cakep banget, dan suka membantu pekerjaan rumah.
”Ya ampun !” Dia berseru, ”Aku hampir tak percaya.” Dan dia tetap melanjutkan ke lantai 5.

Lantai 5 : Lelaki di lantai ini memiliki pekerjaan, taat pada Tuhan, senang anak kecil, cakep banget, suka membantu pekerjaan rumah, dan memiliki rasa romantis.
Walaupun dia tergoda untuk berhenti tapi kemudian dia melangkah kembali ke lantai 6. Dan membaca kriteria calon suami di lantai 6 ini.

Lantai 6 : Anda adalah pengunjung yang ke 4.363.012. Tidak Ada lelaki di lantai ini. Lantai ini hanya semata-mata bukti untuk wanita yang tidak pernah puas.
Terima kasih telah berbelanja di “Toko Suami”. Hati-hati ketika keluar toko. Dan semoga hari yang indah buat anda.

Setelah membacanya barangkali Anda merasa geli atau bahkan dongkol dibuatnya. Ah maaf, ini hanya sekedar cerita humor yang saya dapatkan di internet. Cerita ini saya postingan karena ada pelajaran yang dapat kita ambil. Bukan sekedar untuk wanita, akan tetapi priapun juga. Yakni rasa tidak puas atau tepatnya tidak bersyukur dengan apa yang ada yang jamak terjadi di kalangan kita.

Kebanggaan akan kapasitas diri membuat sebagian kita memasang idealisme terlalu tinggi tentang kriteria calon pendamping yang diinginkan karena berharap bisa menuai kebahagiaan haqiqi dunia akherat. Dan yang lebih fatal lagi adalah ia lupa mengaca diri bahwa sejatinya dia hanyalah si pungguk yang merindukan bulan. Sosok yang ia idolakan barangkali ada, tapi yang jelas belum tentu si doi mau bersanding dengan dirinya. Hingga akhirnya ia tak kunjung menemukan muara untuk melabuhkan hati padahal usia sudah tak muda lagi.

Nikah itu sebenarnya mudah
Pernikahan adalah salah satu tanda kekuasaan Allah Ta'ala dan karunia-Nya, sebagaimana disebutkan dalam Firman Allah di dalam Al-Qur'an surah Ar-Rum ayat 21, yang artinya:
"Dan diantara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir."
Menikah juga merupakan sunah RAsulullah saw. "Menikah adalah sunnahku, barangsiapa tidak mengamalkan sunnahku berarti bukan dari golonganku. Hendaklah kalian menikah, sungguh dengan jumlah kalian aku akan berbanyak-banyakkan umat. Siapa memiliki kemampuan harta hendaklah menikah, dan siapa yang tidak hendaknya berpuasa, karena puasa itu merupakan tameng." (HR. Ibnu Majah)

Akan tetapi pernikahan yang begitu mulia ini terkadang begitu sulit untuk diwujudkan. Hari ini banyak kita jumpai orang-orang yang sengaja menunda pernikahan karena alasan beragam. Entah karena mengejar karir, memiliki idealisme terlalu tinggi atau justeru terlalu minder dengan kapasitas diri hingga akhirnya takut untuk menikah. Hingga tanpa terasa mereka menjadi perawan dan perjaka tua.

Rasulullah saw sebenarnya telah memberikan rambu-rambu terindah dalam menentukan pilihan pasangan hidup bahwa seorang wanita dinikahi karena empat hal, yaitu: karena hartanya, karena keturunan-nya karena kecantikannya, dan karena agamanya. Beliau kemudian memberikan petunjuk agar mencari wanita yang beragama, agar ia beruntung.
Dengan kata lain seorang laki-laki akan merugi jika ia tidak memilih wanita yang beragama, yaitu wanita shalihah yang berbudi mulia. Tidak ada kebaikan yang terkandung dalam diri seorang wanita yang berharta atau cantik jelita, tetapi ia tidak beragama.

Demikian juga halnya dengan wanita. Janganlah ia tertipu oleh ketampanan wajah seorang pria, kekayaannya, atau keturunan dan kedudukannya yang terhormat, tetapi hendaklah ia mencari pria yang beragama terlebih dahulu sebagai kriteria utama. Karena seorang pria yang beragama akan melindungi dan menjaga isterinya, mempergaulinya secara baik dan patut, dan bersabar terhadap segala kekurangannya -dan ini yang paling penting-. Jika pria shalih ini mencintai isterinya, maka ia akan memuliakannya, dan jika tidak menyukainya, ia tidak akan mezhaliminya. Jika si isteri tidak menyukai suaminya ini, maka sang suami tidak akan menahannya.

Jangan takut, Allah akan mencukupi
Akan tetapi terkadang sebagian kita takut menikah karena terlalu ngeri membayangkan kehidupan yang akan dijalani jika melihat dirinya belum mempunyai penghasilan yang cukup. Padahal Allah telah memberikan jaminan kecukupan bagi mereka yang berani menikah. Perhatikanlah Al-Qur'an surah An-Nur ayat 32, yang artinya:
“Jika mereka miskin, Allah akan menjadikan mereka kaya dengan karunia-Nya."

Jadi, kalau Allah yang tak pernah ingkar janji saja sudah memberikan jaminan, kenapa mesti takut! Ayo, menikahlah segera…..!!

0 comments

Post a Comment

RADIO DAKWAH SYARI'AH

Browser tidak support

DONATUR YDSUI

DONATUR YDSUI
Donatur Ags - Sept 2011

DOWNLOAD DMagz

DOWNLOAD DMagz
Edisi 10 Th XI Oktober 2011

About Me

My Photo
newydsui
Adalah lembaga independent yang mengurusi masalah zakat, infaq dan shodaqoh dari para donatur yang ikhlas memberikan donasinya sebagai kontribusinya terhadap da'wah islamiyah diwilayah kota solo pada khususnya dan indonesia pada umumnya.
View my complete profile

Followers