EMPAT HAK RASULULLAH

Posted by newydsui Tuesday, March 8, 2011
EMPAT HAK RASULULLAH
Imtihan Syafii

Rasulullah saw telah menyampaikan risalah teragung ini dengan cara terbaik sempurna. Ummul Mukminin ‘Aisyah ra berkata, “Barangsiapa berkata kepada kalian bahwa Muhammad menyembunyikan sesuatu dari wahyu Allah, sungguh ia telah membuat kedustaan besar. Jika beliau mesti menyembunyikan sesuatu, pastilah beliau menyembunyikan firman Allah, ‘… sedangkan kamu menyembunyikan di dalam hatimu apa yang dinampakkan oleh Allah, dan kamu takut kepada manusia, sedangkan Allah-lah yang lebih berhak untuk kamu takuti.’ (al-Ahzab: 37)”

Begitu besarnya jasa Rasulullah saw terhadap kita maka wajarlah jika beliau memiliki beberapa hak yang mesti kita penuhi. Hak beliau adalah kewajiban kita sebagai orang-orang yang beriman.

Bersyahadat dengan benar
Makna yang benar dari “persaksian” bahwa Muhammad adalah utusan Allah adalah membenarkan, mengimani, menaati, dan mengikuti sunnah Rasulullah saw. Allah berfirman,
“Maka berimanlah kamu kepada Allah dan Rasul-Nya dan kepada cahaya (Al-Quran) yang telah Kami turunkan. Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (at-Taghabun: 8)
“Barangsiapa yang tidak beriman kepada Allah dan Rasul-Nya maka sesungguhnya Kami menyediakan untuk orang-orang yang kafir neraka yang bernyala-nyala. (Al-Fath: 13)
Allah pun telah memerintahkan hamba-hamba-Nya untuk taat kepada nabi-Nya,
“Hai orang-orang yang beriman, taatlah kepada Allah dan Rasul-Nya, dan janganlah kamu berpaling dari pada-Nya, sedang kamu mendengar (perintah-perintah-Nya),” (al-Anfal: 20)
Rasulullah saw juga bersabda, “Setiap umatku akan masuk surga, kecuali orang yang enggan.” Para sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah saw, siapakah yang enggan itu?” Beliau menjawab, “Barangsiapa yang menaatiku akan masuk surga, dan barangsiapa yang bermaksiat kepadaku, dialah orang yang enggan itu.” (HR. Bukhari dan al-Hakim)

Allah pun telah memerintahkan hamba-hamba-Nya yang beriman untuk berittiba’ kepada Nabi-Nya dan meneladani sunnahnya.
“Katakanlah, ‘Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah Aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu!’ Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (Ali ‘Imran: 31)
“Maka berimanlah kamu kepada Allah dan Rasul-Nya, Nabi yang ummi yang beriman kepada Allah dan kepada kalimat-kalimat-Nya (kitab-kitab-Nya) dan ikutilah ia, supaya kamu mendapat petunjuk". (Al-A’raf: 158)
“Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan ia banyak menyebut Allah. (Al-Ahzab: 21)

Allah juga menetapkan bahwa menyelisihi Nabi adalah suatu pelanggaran, suatu kemaksiatan.
“Maka demi Rabb-mu, mereka (pada hakekatnya) tidak beriman hingga mereka menjadikan kamu hakim terhadap perkara yang mereka perselisihkan, kemudian mereka tidak merasa dalam hati mereka sesuatu keberatan terhadap putusan yang kamu berikan, dan mereka menerima dengan sepenuhnya. (An-Nisa: 65)
“Dan barangsiapa yang menentang Rasul sesudah jelas kebenaran baginya, dan mengikuti jalan yang bukan jalan orang-orang mukmin, Kami biarkan ia leluasa dalam kesesatan yang telah dikuasainya itu dan Kami masukkan ia ke dalam Jahannam, dan Jahannam itu seburuk-buruk tempat kembali. (An-Nisa`: 115)

Mencintai Nabi
Rasulullah saw bersabda, “Tidaklah beriman salah seorang dari kalian sehingga aku lebih dicintainya daripada anaknya, orang tuanya, dan semua manusia.” (Bukhari Muslim)
“Ada tiga perkara, barangsiapa ketiga perkara itu ada pada dirinya, sungguh ia telah merasakan manisnya iman. Hendaknya Allah dan Rasul-Nya lebih dicintainya daripada selain keduanya. Hendaknya mencintai seseorang karena Allah saja. Hendaknya ia takut kembali kepada kekafiran setelah Allah menyelamatkannya darinya sebagaimana ia takut dilemparkan ke dalam api.
Suatu hari seseorang menemui Nabi saw dan bertanya, “Kapankah kiamat akan terjadi, wahai Rasulullah?” Beliau menjawab, “apa yang telah engkau persiapkan untuk menghadapinya?” Orang itu menjawab, “Yang aku persiapkan bukan banyak shalat sunnah, puasa sunnah, ataupun sedekah. Hanyasaja, aku mencintai Allah dan Rasul-Nya.” Rasulullah saw bersabda, “Engkau bersama dengan yang engkau cintai.” (Bukhari Muslim)
Mencintai Nabi ada alamatnya, yaitu: meneladani beliau, mendahulukan syariatnya, mengingatnya dengan bershalawat sebagaimana yang beliau perintahkan, mencintai para sahabat, dan memuliakan ahlulbait—termasuk istri-istri beliau.

Memuliakan Nabi
Amru bin ‘Ash berkata, “Tidak ada yang lebih aku cintai dari Rasulullah saw, dan tidak ada yang lebih mulia di mataku melebihi beliau. Aku belum pernah menatapnya dengan penuh karena memuliakan beliau. Sekiranya aku diminta untuk menggambarkan tentang beliau secara lisan, sungguh aku tak akan mampu, sebab aku belum pernah menatapnya dengan penuh.”
Pemuliaan terhadap beliau yang terbaik adalah memuliakan sunnah-sunnah beliau.

Bershalawat kepada Nabi
Allah berfirman, “Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya” (Al-Ahzab: 56)
Shalawat Allah adalah pujian-Nya di hadapan para nabi, shalawat malaikat adalah permohonan ampunan kepada Allah untuk beliau, dan shalawat manusia adalah doa, penghormatan, dan pemuliaan mereka kepada beliau.
Dalam banyak keadaan kita disunnahkan untuk membaca shalawat, di antaranya: saat ada orang menyebut nama beliau, saat bermajlis, saat selesai mendengar kumandang adzan, saat masuk dan keluar masjid, setelah tasyahhud dalam shalat, saat selesai berdoa, dan pada hari serta malam Jumat.
Wallahu a’lam.

0 comments

Post a Comment

RADIO DAKWAH SYARI'AH

Browser tidak support

DONATUR YDSUI

DONATUR YDSUI
Donatur Ags - Sept 2011

DOWNLOAD DMagz

DOWNLOAD DMagz
Edisi 10 Th XI Oktober 2011

About Me

My Photo
newydsui
Adalah lembaga independent yang mengurusi masalah zakat, infaq dan shodaqoh dari para donatur yang ikhlas memberikan donasinya sebagai kontribusinya terhadap da'wah islamiyah diwilayah kota solo pada khususnya dan indonesia pada umumnya.
View my complete profile

Followers