500 Hotel akan Dibangun di Mekah

Posted by newydsui Tuesday, March 8, 2011
500 Hotel akan Dibangun di Mekah


Perizinan telah dikeluarkan untuk pendirian 500 hotel di dekat Masjidil Haram, termasuk sebuah hotel dengan kapasitas 5.000 kamar. Demikian Asharq Al-Awsat melaporkan, Rabu (16/2). Menurut pakar ekonomi, dengan adanya tambahan jumlah akomodasi pada tahun-tahun mendatang pendapatan selama musim haji dan umrah diperkirakan melebihi 100 milyar riyal (27 milyar dolar).

"Sekarang, hotel terbesar di Makkah tidak memiliki lebih dari 1.000 kamar, sementara hotel-hotel yang baru akan memiliki jumlah (kamar) lebih banyak. Salah satunya akan memiliki 5.000 kamar," kata Saad Al-Qurashi, ketua komite pelayanan haji dan umrah di Kamar Dagang dan Industri Makkah.

Aktivitas komersial selama musim haji menjanjikan pendapatan yang besar bagi kota Mekah dan Jeddah, terutama dari perdagangan barang-barang sederhana seperti tasbih dan sajadah yang bisa meraup keuntungan sekitar 2 juta riyal pertahun. Hotel dan apartemen biasanya membeli 40% furnitur lebih banyak dibanding hari biasa untuk persiapan musim haji. Di Kerajaan Saudi terdapat 66 pabrik furnitur dengan investasi diperkirakan 4 milyar riyal.

Yahya Hassan Maqbul, anggota komite furnitur di Kamar Dagang dan Industri Jeddah mengatakan, usai ibadah haji dan umrah para jamaah biasanya melakukan wisata belanja ke kota Jeddah, sehingga turut menaikkan bisnis kota itu. Barang-barang hiasan terutama yang bergambar dua masjid suci paling banyak diburu jamaah.

Musim haji tahun lalu diperkirakan menjadi tahun paling menguntungkan, karena jumlah jamaah yang sangat besar hingga melebihi angka 3 juta orang.(roy/hidayatullah.com)

0 comments

Post a Comment

RADIO DAKWAH SYARI'AH

Browser tidak support

DONATUR YDSUI

DONATUR YDSUI
Donatur Ags - Sept 2011

DOWNLOAD DMagz

DOWNLOAD DMagz
Edisi 10 Th XI Oktober 2011

About Me

My Photo
newydsui
Adalah lembaga independent yang mengurusi masalah zakat, infaq dan shodaqoh dari para donatur yang ikhlas memberikan donasinya sebagai kontribusinya terhadap da'wah islamiyah diwilayah kota solo pada khususnya dan indonesia pada umumnya.
View my complete profile

Followers