CEGAH KOLESTEROL SEJAK DINI

Posted by newydsui Thursday, March 11, 2010
CEGAH KOLESTEROL SEJAK DINI
Meti Dewi Astuti, dr

Kolesterol darah yang tinggi adalah problema yang serius karena merupakan salah satu factor pemicu terjadinya penyakit jantung koroner selain factor hypertensi dan merokok. Penyakit jantung koroner (PJK) sendiri diketahui merupakan penyebab kematian yang paling sering didapatkan dan di Indonesia menduduki peringkat ketiga.
Kolesterol, lemak dan substansi lainnya dapat menyebabkan atherosclerosis yaitu penebalan dinding pembuluh darah arteri sehingga lubang pembuluh darah tersebut menyempit. Penyempitan ini akan mengakibatkan aliran darah menjadi lambat bahkan tersumbat sehingga aliran darah pembuluh darah koroner yang fungsinya memberi oksigen ke jantung menjadi berkurang. Akibatnya, otot jantung menjadi lemah, sakit dada, serangan jantung, bahkan kematian.
Karena alasan inilah maka perlu kiranya dilakukan penanggulangan untuk menurunkan kadar kolesterol darah. Salah satu usaha yang paling baik adalah dengan cara menjaga agar makanan yang dimakan sehari-hari rendah kolesterol.

Berikut beberapa petunjuk untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi :
1. Makanan harus mengandung rendah lemak, terutama yang kadar lemak jenuhnya tinggi
Ada dua macam lemak dalam makanan yaitu lemak jenuh dan lemak tidak jenuh. Lemak tidak jenuh terdiri dari lemak tidak jenuh tunggal dan lemak tidak jenuh ganda , semua makanan mengandung lemak berisi campuran jenis lemak tersebut. Untuk menurunkan kadar kolesterol maka diet harus mengandung rendah lemak.
Contoh lemak jenuh adalah lemak yang berasal dari hewan, seperti daging, susu murni, keju, mentega, dan es krim. Hewan unggas seperti bebek dan ayam juga ikan dan kerang-kerangan mengandung lemak jenuh tetapi lebih sedikit bila dibandingkan daging. Beberapa lemak dari tumbuh-tumbuhan juga mengandung lemak jenuh tinggi seperti minyak kacang, minyak kelapa sawit dan minyak coklat. Lemak tumbuh-tumbuhan ini banyak terdapat pada kue kering, cake, crackers, krim kopi, kentang goreng, coklat, pop corn. Kadang-kadang lemak tumbuhan ini tidak tampak jelas seperti lemak pada daging, sehingga sangat penting untuk membaca label makanan yang kita beli, sehingga dapat diketahui jenis lemak yang dikandung dan dapat memilih makanan yang mengandung lemak jenuh rendah.

2. Mengganti susunan makanan yang mengandung lemak jenuh dengan lemak tidak jenuh
Contoh lemak tidak jenuh ganda terdapat pada jagung, kacang kedelai, minyak biji kapas, minyak wijen, minyak bunga matahari, kerang-kerangan, minyak ikan air tawar, lemak ikan laut dan berbagai macam seafood. Sedang lemak tidak jenuh tunggal terdapat pada minyak zaitun dan minyak lobak.

3. Makanan harus mengandung rendah kolesterol
Kolesterol merupakan zat seperti lemak yang terdapat dalam makanan yang bersumber dari hewan. Kolesterol tidak sama dengan lemak jenuh, dan makanan yang mengandung kolesterol jelas dapat meningkatkan kadar kolesterol. Kolesterol diperlukan untuk fungsi tubuh yang normal, tetapi hati sudah membuat kolesterol yang cukup untuk kebutuhan tubuh. Sehingga pada dasarnya kita tidak memerlukan asupan kolesterol dari luar. Kolesterol ditemukan pada telur, susu, daging, unggas, ikan dan kerang-kerangan. Kuning telur dan bagian dalam binatang seperti hati, ginjal, otak terutama merupakan sumber yang kaya akan kolesterol. Ikan pada umumnya mengandung sedikit kolesterol.
Makanan yang sama sekali tidak mengandung kolesterol adalah buah-buahan, sayuran, beras, gandum dan kacang-kacangan.
Walaupun kolesterol bukan lemak, tetapi dapat ditemukan pada makanan yang mengandung lemak tinggi ataupun rendah yang berasal dari hewan. Jadi walaupun makanan rendah lemak, tetapi mungkin tinggi kolesterol, contohnya adalah hati yang mempunyai rendah lemak tetapi tinggi kolesterol.
Contoh makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi dan kolesterol tinggi adalah susu dan hasil olahannya, juga daging, sehingga makanan ini harus dikurangi.

4. Memilih makanan yang tinggi karbohidrat atau banyak tepung dan serat
Yang termasuk kelompok ini adalah beras, roti, gandum, buah-buahan, sayuran, havermout, apel, jeruk, kentang.

5. Kurangi berat badan jika berat badan berlebih
Orang yang mempunyai berat badan berlebih seringkali mempunyai kadar kolesterol darah yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan orang yang berat badannya normal. Berat badan dapat dikurangi dengan exercise/olahraga, dan diet yang mengandung sedikit kalori.
Wallohu a’lam bish showab

0 comments

Post a Comment

RADIO DAKWAH SYARI'AH

Browser tidak support

DONATUR YDSUI

DONATUR YDSUI
Donatur Ags - Sept 2011

DOWNLOAD DMagz

DOWNLOAD DMagz
Edisi 10 Th XI Oktober 2011

About Me

My Photo
newydsui
Adalah lembaga independent yang mengurusi masalah zakat, infaq dan shodaqoh dari para donatur yang ikhlas memberikan donasinya sebagai kontribusinya terhadap da'wah islamiyah diwilayah kota solo pada khususnya dan indonesia pada umumnya.
View my complete profile

Followers