Pentagon Ganti 'Merek' Perang Iraq

Posted by newydsui Wednesday, March 31, 2010
Pentagon Ganti 'Merek' Perang Iraq

Agence France-Presse (19/2) melaporkan, pemerintahan Obama berencana mengganti nama operasi militer mereka di Iraq dengan sebutan 'Operation New Dawn'. Nama tersebut berlaku mulai 1 September 2010, demikian memo berita dari Pentagon.
Memo yang ditandatangani oleh Menteri Pertahanan AS Robert Gates itu menunjukkan, Pentagon telah menyetujui permintaan atas perubahan nama misi AS di Iraq, yang sekarang bernama 'Operation Iraqi Freedom'.
"Permintaan tersebut disetujui berlaku sejak 1 Septembr 2010, bersamaan dengan pergantian misi pasukan militer di Iraq," demikian bunyi memo tersebut.

"Diselaraskannya pergantian nama dengan pergantian misi, menunjukkan sinyal kuat bahwa Operation Iraqi Freedom telah berakhir dan pasukan kami beroperasi di bawah sebuah misi baru," tulis Gates dalam memonya sebagaimana dikutip ABCNews.

Dokumen memo itu ditujukan kepada Jenderal David Patraeus sebagai Kepala Pusat Komando AS. Di dalamnya tertulis maksud dan tujuan dilakukannya perubahan 'merek' perang AS di Iraq, yaitu "memberikan kesempatan bagi upaya sinkronisasi komunikasi strategis... dan pengakuan atas perkembangan hubungan kita dengan pemerintah Iraq."

Pergantian merek dagang perang AS di Iraq tersebut kontan mendapat kritikan dari kelompok-kelompok penekan, seperti Military Families United. "Anda tidak bisa mengakhiri perang hanya dengan mengganti namanya," kata Brian Wise, Direktur Eksekutif kelompok tersebut dalam sebuah pernyataan.

"Meskipun pemerintah berupaya memutar-mutar kenyataan di lapangan, usaha mereka itu tidak akan mengubah situasi di Iraq." "Keputusan terkait operasi militer seharusnya tidak ditujukan untuk maksud-maksud kehumasan, melainkan harus dibuat sepenuhnya demi kepentingan negara kita, pasukan di lapangan, dan keluarga mereka di rumah."

Semasa kampanye pemilu presiden, Obama berjanji akan menarik pasukan AS dari Iraq dan berkonsentrasi pada perang di Afganistan. Data Pentagon menyebutkan, sekarang jumlah pasukan AS di Iraq sekitar 97.000, angka pertama di bawah 100.000 sejak AS memulai invasinya ke Iraq di tahun 2003.

Rencananya jumlah tersebut akan dikurangi hingga 50.000 sebelum akhir Agustus tahun ini, dengan tugas hanya sebagai penasihat dan pelatih militer saja. Jumlah yang sangat besar untuk sekedar sebagai pelatih saja.Dan menurut keterangan Pentagon pula, seluruh pasukan AS di Iraq akan ditarik sebelum tahun 2011 berakhir.
Kita tunggu saja perubahan 'merek' dan 'iklan' Paman Sam selanjutnya di masa datang. [www.hidayatullah.com/Roy]

0 comments

Post a Comment

RADIO DAKWAH SYARI'AH

Browser tidak support

DONATUR YDSUI

DONATUR YDSUI
Donatur Ags - Sept 2011

DOWNLOAD DMagz

DOWNLOAD DMagz
Edisi 10 Th XI Oktober 2011

About Me

My Photo
newydsui
Adalah lembaga independent yang mengurusi masalah zakat, infaq dan shodaqoh dari para donatur yang ikhlas memberikan donasinya sebagai kontribusinya terhadap da'wah islamiyah diwilayah kota solo pada khususnya dan indonesia pada umumnya.
View my complete profile

Followers