Tips Menghilangkan Bau Amis Pada Ikan

Posted by newydsui Monday, June 8, 2009
Tips Menghilangkan Bau Amis Pada Ikan Goreng/ Bakar

Anda hendak mengadakan acara makan bersama dengan para kolega Anda. Menu utama yang diminta adalah ikan bakar dan ikan goreng. Agar sajian tidak amis, ada baiknya Anda simak beberapa tips berikut.
Untuk ikan utuh, setelah dipotong kepalanya dan diambil kotorannya di bagian depan, belah dan lihatlah bagian depan (dekat dengan tempat kotoran ikan itu - di bagian kepala ikan bawah). Ada garis berwarna hitam, itulah sumber dari amisnya ikan. Gunakan tisu dapur kering, bersihkan hitam2 tersebut.
Gunakan air yang telah dicampur dengan garam (dengan kadar garam 30%), cuci bersih ikan sampai ke dalam-dalamnya, terutama bagian yang ada hitam2nya tadi.
 Setelah itu keringkan ikan dengan tisu dapur sampai kering. Cuci pisau dengan menggunakan air garam tadi sebelum digunakan untuk memotong ikan. 
Kemudian, potong-potong ikan sesuai selera anda.
Taburi potongan ikan tersebut dengan garam di kedua sisinya. Diamkan selama kurang lebih 10 menit. Minyak dari ikan tersebut akan keluar, keringkan dengan tisu dapur, ini juga merupakan sumber amisnya.
Bisa juga dengan mengolesi daging ikan dengan air jeruk nipis. Setelah itu, bumbui dan masak sesuai selera Anda!(KapanLagi.com/hmd) -


Tips Membakar Ikan

1. Bersihkan sisik ikan.
Anda ingin ikan bakar yang lezat dan tidak terganggu dengan sisiknya, mulailah dengan membersihkan sisik ikan, kalau perlu dengan pisau khusus pembersih sisik. Lalu sayat/potong di bagian perut, melintang 45 derajat. Lalu keluarkan isi perutnya, jangan lupa dicuci lagi hingga ikan terbebas dari sisik dan darah. 
2. Lumuri dengan bumbu 
Bumbu dasar ini dapat berupa jeruk (lemon) dan garam. 
3. Siapkan bara api.
Untuk bara api sebaiknya dari batok kelapa kering yang sudah dilumuri tanah. Biarkan api membakar batok kelapa menjadi arang, sehingga tidak akan membuat ikan berbau minyak tanah. 
4. Olesi ikan dengan bumbu yang sesuai selera
 Anda dapat menambah dengan bumbu pedas, bumbu manis, ataupun campuran manis pedas. 
5. Letakkan ikan di atas bara 
Setelah mulai memanggang. Untuk ikan kecil cukup tiga kali dibalik. Sedangkan ikan besar, membutuhkan 5-6 kali pembalikan. Ada yang perlu diingat, Oleskan bumbu hanya setiap ikan akan dibalik. Jangan mengolesi bumbu terus menerus, karena rasa ikannya akan berkurang. Setelah itu ikan siap disantap setelah disajikan pada piring saji. Selamat memanggang! (hmd)

1 Responses to Tips Menghilangkan Bau Amis Pada Ikan

  1. Ibnu Dunia Says:
  2. besok ana mau bakar ikan biar rasanya joss, pake tips ini aja, makasih

     

Post a Comment

RADIO DAKWAH SYARI'AH

Browser tidak support

DONATUR YDSUI

DONATUR YDSUI
Donatur Ags - Sept 2011

DOWNLOAD DMagz

DOWNLOAD DMagz
Edisi 10 Th XI Oktober 2011

About Me

My Photo
newydsui
Adalah lembaga independent yang mengurusi masalah zakat, infaq dan shodaqoh dari para donatur yang ikhlas memberikan donasinya sebagai kontribusinya terhadap da'wah islamiyah diwilayah kota solo pada khususnya dan indonesia pada umumnya.
View my complete profile

Followers