Anak Berbohong, kenapa?

Posted by newydsui Monday, June 29, 2009
ANAK BERBOHONG, KENAPA??
Pesan Untuk Para Pendidik 
-Lanjutan edisi sebelumnya-

Pada edisi bulan sebelumnya sudah kami paparkan beberapa faktor yang menyebabkan anak berbohong. 
Rasulullah Shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda :“Sesungguhnya orang yang paling aku cintai dan paling dekat tempat duduknya dari tempatku di hari kiamat, ialah orang yang paling baik akhlaknya dan orang yang paling aku benci dan paling jauh tempat duduknya dari tempatku di hari kiamat, ialah orang yang cerewet, suka membual dan omong besar”. (HR Tirmidzi )

Secara ringkas kami tulis kembali empat faktor yangyang menyebabkan anak berbohong;
1. Faktor Imajinasi
2. Konflik Diri
3. Meniru kebiasaan orang disekitarnya
4. Menghilangkan kejenuhan dan ingin mendapatkan perhatian
Rosulullah Shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda bersabda : “Hendaklah kalian menjauhi sifat bohong, karena bohong akan menggiring orang pada kejahatan dan sesungguhnya kejahatan akan menjerumuskannya kedalam neraka. Dan orang yang selalu berbohong Allah akan menetapkannya sebagai kadz-dzaban (pembohong)”. (HR Bukhari).

Nah, berikut tips yang bisa kita gunakan untuk mengatasi anak yang suka berbohong :

1. Komunikasi
Komunikasi yang terjalin dengan baik antara orang tua dan anak akan mempersempit peluang seorang anak untuk berbohong. Buatlah nuansa keterbukaan yang baik dengan anak-anak kita. Termasuk juga meng-komunikasikan apa itu bohong, apa akibat dari bohong dan lain-lain.

2. Jadilah Teladan
Anak adalah cermin diri kita, anak bisa meniru perilaku orang tua dengan ketepatan yang luar biasa. Oleh karena itu, jadilah teladan yang baik. Jujurlah dihadapan anak dan terutama dihadapan Allah SWT.

3. Jangan Menuduh Dulu!
Setiap orang butuh diberi kepercayaan, begitu pula dengan anak-anak. Berikan kepercayaan padanya. Dahulukanlah husnudzan (berbaik sangka). Dengarkan alasan yang dia kemukakan, dan tanamkanlah kuat-kuat rasa percaya dalam hati kita kepada anak-anak kita.

4. Hindari hukuman yang terlalu keras dan sering.
Hukuman yang dirasakan berat dan sering oleh anak-anak akan membuat dia kreatif untuk mencari “cara selamat“ dari hukuman tersebut, meski harus membohongi orang tuanya dan orang disekitarnya.
Dinukil dari www. edumuslim.org dengan sedikit perubahan.

0 comments

Post a Comment

RADIO DAKWAH SYARI'AH

Browser tidak support

DONATUR YDSUI

DONATUR YDSUI
Donatur Ags - Sept 2011

DOWNLOAD DMagz

DOWNLOAD DMagz
Edisi 10 Th XI Oktober 2011

About Me

My Photo
newydsui
Adalah lembaga independent yang mengurusi masalah zakat, infaq dan shodaqoh dari para donatur yang ikhlas memberikan donasinya sebagai kontribusinya terhadap da'wah islamiyah diwilayah kota solo pada khususnya dan indonesia pada umumnya.
View my complete profile

Followers