BAGAIMANA CEGAH KEKAMBUHAN ASMA

Posted by newydsui Sunday, June 10, 2012

BAGAIMANA CEGAH KEKAMBUHAN ASMA
Oleh : dr. Mety

Penanggulangan asma saat ini lebih ditekankan pada mencegah terjadinya kekambuhan asma .  Berikut hal-hal yang dapat dilakukan untuk mencegah asma kambuh adalah :

1.       Menghindari  factor-faktor pencetus asma
2.       Penggunaan obat untuk mencegah atau meredakan atau mengurangi reaksi-reaksi   yang akan dan atau sudah timbul oleh pencetus tadi .

APA SAJA FAKTOR PENCETUS ASMA ?

Factor pencetus yang sebaiknya dihindari untuk mencegah terjadinya serangan asma :

1.       Allergen
Pada bayi dan anak kecil sering berhubungan dengan isi debu rumah , misalnya tungau , serpih atau bulu binatang , spora jamur yang terdapat di dalam rumah. Dengan bertambahnya umur makin banyak jenis allergen  pencetusnya. Asma karena makanan biasanya terjadi pada bayi dan anak kecil . Allergen terbanyak sebagai pencetus asma adalah debu rumah, kapuk , bulu hewan , kepiting , telur , dan lainnya .
   
2.       Infeksi
Biasanya infeksi virus , terutama pada bayi dan anak kecil . Virus penyebabnya biasanya respiratort syncytial virus ( RSV ) dan virus parainfluenza . Kadang-kadang dapat juga oleh bakteri misalnya pertusis dan streptokokus beta hemolitikus , jamur misalnya aspergillus .


3.       Iritan
Hairspray , minyak wangi , asap rokok , cerutu dan pipa , bau tajam dari cat , dan polutan udara berbahaya lainnya , juga udara dingin dan air dingin . Iritasi hidung dan batuk sendiri dapat menimbulkan reflex bronkokonstriksi . Udara kering mungkin juga merupakan pencetus hiperventilasi dan kegiatan jasmani .

4.       Cuaca
Perubahan tekanan cuaca , perubahan suhu udara , angin dan kelembaban dihubungkan dengan percepatan dan terjadinya serangan asma .

5.       Kegiatan jasmani
Kegiatan jasmani yang berat misalnya berlari dan naik sepeda dapat menimbulkan serangan pada anak dengan asma. Juga tertawa dan menangis dapat merupakan pencetus . Pada anak dengan faal paru di bawah normal sangat rentan terhadap kegiatan jasmani .

6.       Infeksi saluran nafas bagian atas
Di samping infeksi virus saluran nafas bagian atas sinusitis akut dan kronis dapat memudahkan terjadinya asma pada anak . Rinitis alergi dapat memberatkan asma melalui mekanisme iritasi.

7.       Refluks gastroesophagus
Iritasi trakeobronkial karena isi lambung dapat memberatkan asma pada anak dan orang dewasa.

8.       Psikis
Factor psikis merupakan factor pencetus yang tidak boleh diabaikan dan sangat kompleks . Tidak adanya perhatian dan atau tidak mau mengakui persoalan yang ada yang berhubungan dengan asma oleh anak sendiri atau keluarganya akan memperlambat atau bahkan menggagalkan usaha-usaha pencegahan . Tetapi sebaliknya terlalu takut terhadap serangan asma atau hari depan anak juga tidak baik karena dapat memperberat serangan asma . Pembatasan aktivitas anak , seringnya anak tidak masuk sekolah , seringnya bangun malam , terganggunya irama kehidupan keluarga karena anak sering mendapat serangan asma , pengeluaran uang untuk biaya pengobatan dan rasa khawatir , dapat mempengaruhi anak asma dan keluarganya . Karena itu semua interaksi kejadian itu perlu diperhatikan dan dicari jalan keluarnya seoptimal mungkin.

CARA MENCEGAH PAPARAN DEBU RUMAH

Berbagai faktor pencetus serangan asma dan cara menghindarinya perlu diketahui dan diajarkan pada anak dan keluarga penderita asma , dimana pencetus yang paling sering dijumpai pada anak adalah debu rumah dan unsur yang terkandung di dalamnya .

Debu rumah biasanya mengandung tepung sari rumput-rumputan ,pohon dan belukar sekitar rumah yang dibawa oleh angin masuk ke dalam rumah . Debu rumah juga mengandung serpih atau rontokan kulit , bulu kita atau binatang piaraan , ludah binatang piaraan yang sudah kering , rontokan bahan pakaian , dekorasi rumah , dan rontokan kain mebel . Ada juga hancuran kertas koran , kertas rokok , tembakau , dan abunya . Debu rumah juga mengandung serangga yang sudah mati , bakteri , jamur dan sisa-sisa makanan bulan-bulan yang lalu . Tungau debu rumah merupakan bagian yang penting dari debu rumah . Tungau itu pemakan rontikan kulit dan bulu , serta senang sekali di tempat yang lembab . Jadi jelas debu rumah mengandung banyak sekali allergen yang potensial dapat merupakan pencetus serangan asma pada anak .

Memang diakui bahwa tidak mudah menghindari debu rumah . Tetapi mungkin kita dapat mengusahakan kamar tidur anak dibuat seperti di rumah sakit , yaitu dengan :

a)         Kasur tempat tidurnya dimasukkan dalam kantong vinil dengan resleting sehingga dapat membungkus seluruh kasur dan debu tidak dapat keluar dari bawah kasur . Demikian pula bantal , dimasukkan dalam kantong vinil .

b)      Melakukan tindakan-tindakan lain , yaitu mencuci tirai dan selimut sekurang-kurangnya tiap 2 minggu , sprei dan sarung bantal lebih sering dicuci , lemari serta rak dan laci dibersihkan dengan lap basah , dan hanya digunakan untuk menyimpan pakaian yang sering dicuci . Keluarkan mebel yang dilapisi kain penutup dan karpet dari kamar itu , bersihkan lantai dengan lap basah sekurang-kurangnya sekali tiap hari . Hindarkan asap dan binatang piaraan tidak boleh masuk ke dalam kamar tidur .
Dengan cara tersebut terdapat angka perbaikan yang bermakna secara statistic , dan tentunya dapat anda coba di rumah .

CARA PENCEGAHAN YANG LAINNYA

1.       Serangan asma setelah makan atau minum zat yang tidak tahan , dapat terjadi tidak lama setelah makan , tetapi dapat juga beberapa waktu setelahnya , misalnya sore atau malamnya bahkan bisa esok harinya .
2.       Anggota keluarga yang sedang menderita flu tidak boleh mendekati anak yang menderita asma atau kalau dekat dengan anak penderita asma lebih-lebih jika bicara , batuk atau bersin perlu menutup mulut dan hidungnya .
3.       Hindarkan anak dari perubahan cuaca atau udara yang mendadak , lebih-lebih perubahan ke arah dingin .
4.       Olahraga atau bermain-main tidak dilarang bahkan dianjurkan , tetapi diatur . Kebutuhan main-main seperti berkejar-kejaran dan lain-lain serta olahraga sama pentingnya dengan kebutuhan makanan atau minuman yang bergizi untuk tumbuh dan berkembangnya anak secara optimal . Jalan yang dapat ditempuh agar supaya anak tetap dapat bermain-main atau berolahraga adalah :

a)      Menambah toleransi secara bertahap , menghindarkan percepatan gerak yang mendadak , mengalihkan macam kegiatan , misalnya dari lari ke naik sepeda atau berenang .
b)      Bila mulai batuk-batuk , istirahat dulu sebentar , minum air dan kemudian bila batuk-batuk sudah mereda kegiatan bisa dimulai lagi .
c)       Ada beberapa anak yang memerlukan makan obat atau menghirup obat aerosol dulu beberapa waktu sebelum kegiatan berolahraga , sebaiknya anda berkonsultasi lebih dulu dengan dokter.


1 Responses to BAGAIMANA CEGAH KEKAMBUHAN ASMA

  1. Unknown Says:
  2. SOLUSI MUDAH, CEPAT LUNASI UTANG ANDA, TANPA PERLU RITUAL, WIRIDAN, PUASA DLL.
    Anda tak perlu ragu harus tertipu dan dikejar hutang lagi,
    Kini saya berbagi pengalaman sudah saya rasakan dan buktikan, Atas bantuan pak ustad Insyaallah dengan bantuan dana hibah gaibnya, semua masalah Ekonomi hutang saya terselesaikan. untuk konsultasi tata caranya silahkan kunjungi wapsitenya di [⌣»̶•̵̭̌✽̤̈•̵̭̌☀̤̈>>KLIK*DISINI<<☀̤̣̈̇•̵̭̌✽̤̈•̵̭̌«̶⌣]
    karna nmr hp pak ustad tdak bisa di publikasikan sembarangan. terima kasih...

     

Post a Comment

RADIO DAKWAH SYARI'AH

Browser tidak support

DONATUR YDSUI

DONATUR YDSUI
Donatur Ags - Sept 2011

DOWNLOAD DMagz

DOWNLOAD DMagz
Edisi 10 Th XI Oktober 2011

About Me

My Photo
newydsui
Adalah lembaga independent yang mengurusi masalah zakat, infaq dan shodaqoh dari para donatur yang ikhlas memberikan donasinya sebagai kontribusinya terhadap da'wah islamiyah diwilayah kota solo pada khususnya dan indonesia pada umumnya.
View my complete profile

Followers