30 Ribu tentara Pakistan Buru Taliban

Posted by newydsui Sunday, November 1, 2009
30 Ribu tentara Pakistan Buru Taliban

Memasuki hari kedua operasi pembersihan militan Taliban di selatan Waziristan pada Minggu (18/10/2009), pasukan keamanan berhasil menewaskan sebelas militan. ''Dalam 24 jam terakhir, dilaporkan 60 mujahidin meninggal dalam operasi Rah-e-Nijat,'' ujar militer Pakistan seperti dikutip AFP.
Tentara maupun militan saling serang. Tentara Pakistan menjatuhkan bom dari jet di kawasan Ladha dan Makeen di wilayah utara guna melindungi rekannya di darat. Taliban membalas dengan meluncurkan roket dan senjata berat di kawasan Sharwangi, area yang sulit disentuh karena berada di hutan pegunungan. Pertempuran juga terjadi di luar wilayah Spinkai Raghzai dan Kalkala. ''Perlawanan tak sekeras yang kami duga. Mungkin karena kami masih bergerak dan tidak menjangkau benteng Taliban seperti Kotkia, Makin, Ladha, dan Kanigurram,'' ujar militer kepada AFP.
Kurang lebih 30.000 tentara diterjunkan ke selatan Waziristan untuk membersihkan kawasan tersebut. Wilayah itu diperkirakan menjadi pusat gerakan 10.000 hingga 12.000 militan lokal dan 1.500 warga asing yang sebagian besar berasal dari Asia Tengah.
Pasukan keamanan Pakistan ingin merebut wilayah seluas 3.310 kilometer persegi atau separo luas wilayah di selatan Waziristan yang dikuasai Taliban. ''Operasi akan berlanjut hingga tujuan tercapai. Pasukan telah memblokade seluruh pintu masuk dan keluar di Waziristan,'' tutur Juru Bicara Angkatan Darat Mayor Jenderal Athar Abbas. (Roy/Jawa Pos)

0 comments

Post a Comment

About Me

My Photo
newydsui
Adalah lembaga independent yang mengurusi masalah zakat, infaq dan shodaqoh dari para donatur yang ikhlas memberikan donasinya sebagai kontribusinya terhadap da'wah islamiyah diwilayah kota solo pada khususnya dan indonesia pada umumnya.
View my complete profile

Followers