Gedung Pelantikan Obama dijadikan Tempat Sholat Jum'at

Posted by newydsui Wednesday, October 7, 2009
GEDUNG PELANTIKAN OBAMA
Dijadikan Tempat Salat Jumat


WASHINGTON - Untuk pertama kali dalam 220 tahun sejarah Amerika Serikat, umat Islam di Negeri Paman Sam itu akan mendapatkan kesempatan melaksanakan salat Jumat di Gedung Capitol Hill, 25 September mendatang. Sedikitnya 50.000 muslim direncanakan bakal menghadiri salat Jumat bersejarah di gedung yang juga menyimpan nilai historis itu. Selama ratusan tahun Capitol Hill sudah menjadi saksi puluhan peristiwa penting, termasuk pelantikan presiden kulit hitam pertama AS, Barack Obama, pada 20 Januari lalu.

Selain sebagai tempat pelantikan presiden AS, sejak 1981 Capitol Hill menjadi sangat penting bagi AS karena gedung tersebut merupakan rumah parlemen Amerika. Pada 25 September mendatang, gedung yang dibangun pada 1793 ini kembali akan menjadi saksi sejarah saat salat Jumat untuk pertama kalinya digelar di gedung tersebut.Suara azan pun akan diperdengarkan dari Gedung Capitol Hill hingga Lincoln Memorial.
Acara salat Jumat di Capitol Hill diorganisasikan oleh jamaah masjid Darul Islam yang berlokasi di Elizabeth, New Jersey. Pimpinan Darul Islam Hassen Abdellah memastikan acara salat Jumat nanti bebas dari unsur politik karena tidak ada satu pun tokoh politik yang hadir serta tidak akan ada pidato politik.
"Kaum muslim sudah sering datang ke Wahington untuk menggelar protes, tapi baru kali ini kaum muslim akan datang ke Capitol Hill untuk berdoa. Kami adalah orang Amerika dan kami merasa perlu mengubah wajah Islam. Kami ingin agar tidak semua muslim menganggap Amerika adalah ?iblis', karena kami cinta Amerika," ungkap Abdellah.

Untuk menyelenggarakan salat Jumat, pihak Darul Islam sudah meminta izin sejak berbulan-bulan lalu. Izin dari kepolisian Washington DC sudah keluar 28 Juli lalu. Mereka memberikan akses bagi Darul Islam untuk menggunakan area depan Capitol Hill. Untuk menyukseskan acara, pihak panitia sudah menyiapkan 500 bus untuk mengangkut kaum muslim dari 50 negara bagian yang ingin turut serta mengikuti salat Jumat di Capitol Hill.

Dana untuk acara ini yang diperkirakan mencapai USD200.000 atau sekitar Rp2 miliar didapat dari para donatur. Menurut Abdellah, keinginan besar Darul Islam untuk menggelar salat Jumat di Capitol Hill tumbuh setelah mereka menyaksikan pidato Obama untuk Dunia Islam di Universitas Al-Azhar, Mesir, awal Juni silam.

"Untuk pertama kalinya dalam hidup saya mendengar seorang presiden Amerika berbicara mengenai Islam dan muslim bukan dengan rasa permusuhan, melainkan dengan rasa diterima dan diakui. Dia mengatakan tangannya terbuka bagi dunia Islam dan kami ingin membuka tangan untuk menyalaminya," tutur Abdellah.
Situs khusus yang dibuat untuk acara salat Jumat (www.islamoncapitolhill. com) memperlihatkan bagaimana muslim Amerika ingin bergandengan tangan dengan Amerika. Dalam laman situs tersebut ditampilkan tangan dalam warna merah, putih, dan biru sedang bersalaman dengan sepotong tangan berwarna cokelat terang.

Gambar tangan orang bersalaman ini dilatarbelakangi dengan kata-kata dari pembukaan konstitusi AS dan satu halaman teks dalam bahasa Arab. "Selama ini orang sering mengasosiasikan Islam dengan terorisme. Kami ingin menunjukkan kepada warga Amerika seperti apa wajah Islam sebenarnya dan memperlihatkan bagaimana kami berdoa. Ini adalah momen bersejarah," papar Shakoor Mustafa, salah satu penyumbang dana.

Belum diketahui siapa imam yang akan memimpin salat Jumat nanti. Panitia hanya menyebut Sheikh Jebril dan Sheikh Ahmed Dewidar sebagai orang yang akan mengumandangkan ayat-ayat suci Alquran. Setelah salat Jumat, acara akan dilanjutkan dengan doa bersama. Panitia juga menyelenggarakan acara tur ke Gedung Library Congress dan Mahkamah Agung bagi kaum muda.

1 Responses to Gedung Pelantikan Obama dijadikan Tempat Sholat Jum'at

  1. salman Says:
  2. apek tenan, kalo bisa buat sholat jamaah sekalian

     

Post a Comment

RADIO DAKWAH SYARI'AH

Browser tidak support

DONATUR YDSUI

DONATUR YDSUI
Donatur Ags - Sept 2011

DOWNLOAD DMagz

DOWNLOAD DMagz
Edisi 10 Th XI Oktober 2011

About Me

My Photo
newydsui
Adalah lembaga independent yang mengurusi masalah zakat, infaq dan shodaqoh dari para donatur yang ikhlas memberikan donasinya sebagai kontribusinya terhadap da'wah islamiyah diwilayah kota solo pada khususnya dan indonesia pada umumnya.
View my complete profile

Followers