PUASA DAN DISPEPSIA

Posted by newydsui Friday, August 12, 2011
PUASA DAN DISPEPSIA
oleh : dr. Mety

Bulan yang mulia kembali hadir , mengajak ummat muslim untuk sejenak melepas penat dunia dan beralih mengejar amalan-amalan akhirat yang nilai pahalanya dilipatgandakan oleh ALLOH swt . Di bulan Ramadhan diwajibkan untuk berpuasa . Mungkin hal ini tidak masalah bagi orang yang tak mempunyai penyakit tertentu , tetapi bagaimana dengan orang yang mempunyai penyakit dyspepsia ? berbahayakah jika penderita dyspepsia berpuasa ? Sebelum lebih jauh membahasnya , ada baiknya jika kita mengingat kembali manfaat puasa dari sisi pengetahuan modern , yaitu ;

1. Membebaskan tubuh dari racun , kotoran , sampah
Pada tubuh manusia terdapat sampah yang berbahaya seperti ; feses / tinja , urine , CO2 dan keringat . Tubuh akan terancam bahaya jika mengalami sembelit yang disebabkan oleh menumpuknya sisa-sisa sari makanan / tinja di usus yang pada akhirnya akan menyebabkan tinja tersebut terserap oleh tubuh . Dengan berpuasa , yang berarti membatasi suplai makanan yang masuk ke dalam tubuh , penumpukan kotoran , racun dan sampah di dalam tubuh dapat dicegah , sehingga tubuh bersih dari racun , kotoran dan sampah .

2. Menambah jumlah sel darah putih dan meningkatkan daya tahan tubuh
Menurut hasil penelitian di universitas Osaka , jepang , pada tahun 1930 ; diketahui bahwa setelah memasuki hari ke-7 berpuasa , jumlah sel darah putih dalam darah orang-orang yang berpuasa meningkat . Pada minggu pertama (hari 1-6) berpuasa , tidak ditemukan pertumbuhan sel darah putih , tetapi pada hari 7-10 , penambahan sel darah putihnya pesat sekali . Hal ini secara otomatis meningkatkan kekebalan tubuh , oleh karena sel darah putih memang berfungsi untuk melawan peradangan yang ada dalam tubuh , sehingga banyak penyakit radang yang dapat disembuhkan dengan berpuasa .

3. Meningkatkan fungsi organ tubuh
Berpuasa berarti memberikan kesempatan interval selama kurang lebih 14 jam bagi kerja organ-organ tubuh seperti lambung , ginjal dan liver. Selama itu tubuh tidak menerima masukan makanan maupun minuman , sehingga menimbulkan efek berupa rangsangan terhadap seluruh sel , jaringan dan organ tubuh . Efek rangsangan ini akan menghasilkan , memulihkan dan meningkatkan fungsi-fungsi organ sesuai dengan fungsi normalnya.

4. Meremajakan sel-sel tubuh
Organ-organ tubuh terdiri atas jaringan-jaringan yang merupakan kumpulan dari sel-sel , diantaranya adalah sel-sel darah , sel tulang , sel syaraf , sel otot dan sel lemak . Ketika kita menjalankan puasa , organ-organ tubuh berada pada posisi rileks , sehingga sel-sel tersebut memiliki kesempatan untuk memperbarui diri . Sel-sel baru terbentuk pada lapisan dalam yang kemudian mendesak sel-sel yang sudah tua untuk keluar . Sel-sel yang sudah tua ini segera mati pada saat mencapai permukaan dan kemudian mengelupas .

5. Meningkatkan fungsi susunan syaraf pusat
Seorang muslim mengawali puasa dengan niat yang ikhlas dan rela karena ALLOH swt . Dengan keikhlasan dan kepasrahan yang tulus , susunan syaraf akan berada dalam keadaan tenang , seimbang , dan rileks . Gangguan-gangguan berupa arus informasi yang dating dari dalam maupun dari luar diri orang yang sedang berpuasa , dalam bentuk emosional maupun dari godaan syetan seperti penyakit hati diantaranya riya / pamer , dendam , fitnah , dengki , takabur , dan kecil hati dapat diredam dan dikendalikan . Selain itu bulan Ramadhan merupakan bulan yang suci , bulan ketika seorang muslim cenderung menjauhkan diri dari godaan-godaan buruk dan jahat . Kondisi seperti ini dapat mengembalikan fungsi normal susunan syaraf pusat.

6. Memberikan kesempatan istirahat kepada alat pencernaan
Pada hari-hari di luar Ramadhan atau pada hari dimana kita sedang tidak berpuasa , alat pencernaan di dalam tubuh bekerja ekstra keras , maka alangkah bijaknya jika kita memberikan cuti paling tidak satu bulan dalam satu tahun. Makanan yang masuk ke dalam tubuh kita memerlukan proses pencernaan kurang lebih delapan jam , yaitu 4 jam diproses di lambung dan 4 jam di usus kecil . Jika makan sahur dilakukan pukul 4 pagi berarti pukul 12 siang alat pencernaan sudah selesai bekerja . Dari pukul 12 siang sampai waktu berbuka kurang lebih selama 6 jam alat pencernaan mengalami istirahat total.

Dyspepsia atau maag merupakan gangguan yang menyerang saluran cerna bagian atas , dengan keluhan nyeri di bagian ulu hati dan merasa tidak enak di ulu hati . Penyebabnya ada banyak , tapi dapat dibagi menjadi dyspepsia fungsional dan organic . Dikatakan dyspepsia organic jika ada kelainan di saluran cerna seperti karena kanker lambung , kanker usus 12 jari dan ulkus peptikum . Sedangkan pada dyspepsia fungsional tidak ditemukan adanya kelainan organic , hanya gangguan motilitas karena stress saja . Jika dilakukan endoskopi ,pada dyspepsia fungsional tidak ditemukan kelainan , tetapi pada dyspepsia organik ditemukan adanya kelainan . Angka kejadian dyspepsia fungsional sekitar 60-70% dan organic sekitar 30-40 % ; jadi sebagian besar fungsional .

Dyspepsia fungsional terjadi karena ketidakteraturan makan , sering mengkonsumsi cemilan yang mengandung coklat , keju , lemak dan merokok sepanjang hari . Bisa karena factor stress . Nah , pada saat mereka berpuasa , maka makannya menjadi teratur , karena dia pasti akan melakukan sahur dan buka; juga menghindari cemilan tak sehat dan rokok. Selain itu , factor stressnya terkendali sehingga menjadi lebih tenang . Beberapa penelitian menunjukkan , pada kelompokyang minum obat dan berpuasa hasilnya akan lebih baik dibanding kelompok yang minum obat tetapi tidak berpuasa.
Prinsipnya , orang yang mempunyai keluhan dyspepsia fungsional malah dianjurkan untuk berpuasa . Tetapi , pada orang dengan dyspepsia organic sebelum memutuskan berpuasa hendaknya berkonsultasi dulu dengan dokter . Oleh karena , penderita dyspepsia organic pun sebenarnya masih bisa berpuasa ,tergantung kasus yang dialaminya ringan atau berat . SELAMAT BERPUASA

0 comments

Post a Comment

About Me

My Photo
newydsui
Adalah lembaga independent yang mengurusi masalah zakat, infaq dan shodaqoh dari para donatur yang ikhlas memberikan donasinya sebagai kontribusinya terhadap da'wah islamiyah diwilayah kota solo pada khususnya dan indonesia pada umumnya.
View my complete profile

Followers